Cara Mencegah Mimisan

Cara Mencegah Mimisan – Mimisan merupakan saat terjadinya keluar darah dari hidung. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari sebab sederhana seperti kebiasaan mengupil, kelembapan yang rendah sampai adanya benturan atau trauma tertentu.

Peristiwa ini sering terjadi pada anak-anak, tidak berbahaya dan dapat berhenti dengan sendirinya. Namun dalam kasus-kasus tertentu, mimisan yang terlalu sering atau terus-menerus terjadi bisa menimbulkan bahaya dan harus segera ditangani dengan benar. Bila perlu dirujuk ke pelayanan kesehatan terdekat.

Cara Mencegah Mimisan

Cara Mencegah Mimisan

CARA MENCEGAH MIMISAN

Cara Mencegah Mimisan

Cara Mencegah Mimisan dengan melakukan gerakan peregangan secara teratur setiap hari agar semua otot, persendian, dan semua pembuluh darah elastis serta kendur sehingga pembuluh darah tidak mengecil dan tidak mudah pecah.

Pertolongan untuk penderita mimisan, antara lain :

  • Penderita tidak boleh tiduran
  • Penderita hendaknya duduk, tetapi dengan sandaran kursi yang tinggi
  • Oleskan es batu pada leher samping kanan jika darah keluar dari hidung sebelah kanan dan demikian sebaliknya. Atau dua-duanya jika kedua lubang hidung mengeluarkan darah.

Perlu diperhatikan, jika tidak ada es batu untuk dioleskan di leher, gunakan saja air dingin. Secara keseluruhan semua penderita mimisan tidak boleh minum es.

Alasan tidak boleh minum es adalah :

Semua benda yang terkena pengaruh dingin akan menyusut, termasuk pembuluh darah.

Pembuluh darah yang menyusut atau mengecil akan mempertinggi tekanan darah, dan akan menimbulkan pecahnya pembuluh kapiler.

Anjuran adalah penderita yang sering mengalami mimisan dengan gejala hidung mampet setidak-tidaknya minum kopi sehari sekali. Kopi (kafein) akan membuat darah encer sehingga darah akan mampu menembus pembuluh-pembuluh kapiler yang sempit sekalipun, termasuk pembuluh darah di hidung sehingga hidung tidak mampet.

Tidak dianjurkan menggunakan daun sirih yang disumpalkan ke lubang hidung walau sudah turun-temurun dilakukan karena cara ini kurang efektif. Selain itu, sekarang ini sulit untuk mendapatkan daun sirih segar.

PENYEBAB MIMISAN

Mimisan yang teerjadi pada anak disebabkan karena tubuh anak di usia balita masih sangat rentan untuk mengalami infeksi yang diakibatkan karena saluran pernapasan. Misalnya adalah seperti serangan virus influenza yang akan menyerang kelenjar pada bagian hidung anak-anak sehingga akan membuat mereka mengalami suatu peradangan. Peradangan yang terjadi dibagian kelenjar hidung akan membuat lendir keluar dengan berlebihan yang pada akhirnya akan memicu penekanan pada pembuluh darah dibagian lapisan mukosa yang bisa sangat mungkin menyebabkan terjadinya hidung berdarah. Dan anak yang mengalami mimisan, maka sebaiknya Anda jangan cemas. Anda bisa melakukan cara-cara dibawah ini untuk membantu mengatasi masalah mimisan pada anak.

Cara mengatasi mimisan pada anak :

  1. Dudukan anak karena posisi duduk merupakan posisi yang paling baik untuk membuat daerah hidung lebih tinggi dari jantung. Sebaiknya jangan tidur telentang, hal ini akan menyebabkan aliran darah menuju ke hidung menjadi lebih deras dan darah akan tertelan ke arah belakang.
  2. Kemudian bungkukanlah badannya ke depan sedikit dan berikan instruksi pada anak agar bernapas lewat mulut.
  3. Tekanlah cuping hidung selama kurang lebih 5 menit.
  4. Pada hidung anak, Anda bisa memberikan kompres dingin untuk membantu membuat aliran darah menjadi lebih lambat ke hidung.
  5. Setelah kurang lebih 5 menit jika mimisan masih beum berhenti, lakukan lagi cara ini selama 10 menit.
  6. Jika masih mengalami mimisan dan darah tidak berhenti, lakukan pemeriksaan ke dokter.
  7. Sebaiknya jangan lupa, setelah melakukan pertolongan pertama pada mimisan, Anda harus segera melakukan konsultasi ke dokter.

Hal yang harus diingat saat Anda sedang memberikan pertolongan pertama adalah tetap tenang. Karena kepanikan hanya akan membuat tindakan pertolongan pertama menjadi tidak rasional dan tidak maksimal. Jika penekanan pada hidung selama 10 menit pendarahan masih tetap berlanjut kemudian suhu tubuh anak menjadi panas, maka Anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter karena dicurigai adanya suatu indikasi dari gejala penyakit serius misalnya adalah seperti penyakit demam berdarah, penyakit tumor ganas yang terjadi di rongga hidung, penyakit kanker darah dan juga penyakit haemofilia.

Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan darimana sumber pendarahan berasal dengan menggunakan bantuan alat pengisap untuk membersihkan hidung dari terjadinya bekuan darah. Kemudian hidung akan disumbat dengan menggunakan tamon tertentu yang digunakan khusus untuk hidung selama kurang lebih 3-5 menit. Dengan cara ini maka sudah diketahui bahwa pendarahan berasal dari depan atau dari belakang rongga hidung. Untuk beberapa jenis kasus tertentu, maka diperlukan suatu pemeriksaan laboratorium dan juga radiologi.

Itulah informasi mengenai mimisan dan cara mencegah mimisan. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Cara Mencegah Mimisan


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sering Mimisan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Mimisan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>