Gejala-Gejala Mimisan

Gejala-Gejala Mimisan – Mimisan adalah perdarahan yang terjadi di hidung. Jika tidak disebabkan oleh penyakit lain, mimisan yang istilah kedokterannya disebut epistaksis, adalah karena adanya kelainan pembuluh darah di hidung. Biasanya, mimisan terjadi akibat pecahnya pembuluh darah di daerah hidung bagian tengah, yang disebut dengan pleksus kieselbach. Pembuluh darah ini merupakan anyaman jaringan pembuluh darah yang sangat halus dan tipis. Akibat pecahnya pembuluh darah sinus, keluarlah darah dari lubang hidung. Darah bisa keluar dari lubang hidung sebelah kanan ataupun dari sebelah kiri, atau bisa juga lubang hidung kanan dan kiri.

Gejala-Gejala Mimisan

Gejala-Gejala Mimisan

GEJALA-GEJALA MIMISAN

Gejala-Gejala Mimisan Pecahnya pembuluh darah bisa saja diakibatkan oleh :

  1. Benturan atau pukulan yang relatif keras sehingga pembuluh darah pecah
  2. Ada infeksi dalam rongga hidung
  3. Suhu badan yang tinggi karena demam
  4. Suhu udara yang dingin sehingga mengakibatkan pembuluh darah balik pada sinus menggelembung dan pecah, sehingga di waktu pagi dan di daerah beriklim dingin.

Gejala-Gejala Mimisan Warna darah dapat pula mengindikasikan pembuluh darah apa yang pecah. Misalnya, jika darah yang keluar berwarna merah muda, berarti yang pecah adalah pembuluh darah nadi. Perdarahan biasanya sulit berhenti. Apabila warna darahnya merah tua, itu berarti yang pecah adalah pembuluh darah balik. Darah yang keluar biasanya cepat mudah berhenti.

Mimisan perlu mendapat perhatian yang sangat besar karena :

  1. Darah bisa keluar dengan jumlah yang sangat banyak dan terkesan tidak sakit
  2. Mimisan akan sangat mungkin terjadi lagi berulang kali karena pembuluh darah yang pecah mungkin pecah lagi
  3. Mimisan menyebabkan tubuh kita melemah dan sangat mungkin tubuh akan kehilangan daya tahan
  4. Mimisan dapat membuat beragam penyakit menyerang organ tubuh tanpa ada pertahanan
  5. Mimisan yang terlalu sering terjadi bisa mengakibatkan kekurangan darah, pusing tidak kunjung sembuh, bodoh, mudah terserang penyakit, dan sebagainya.

Mimisan biasanya didahului oleh Gejala-Gejala Mimisan seperti berikut ini :

  1. Jantung berdenyut cepat dan kuat
  2. Hidung mampet
  3. Kepala pusing, dan sebagainya

Mimisan terjadi akibat dari mukosa yang lepas yang mengandung pembuluh darah kecil dan baisanya hal ini disebabkan karena adanya perubahan pada cuaca yang ekstrim. Biasanya untuk kasus mimisan yang ringan, mimisan bisa sembuh dengan sendirinya dan misalnya bisa disebabkan karena sikat gigi yang terkena sikatnya. Namun gejala-gejala mimisan yang terjadi dengan frekuensi yang sering dan juga terjadi dengan darah yang keluar berbeda maka harus dicurigai karena mimisan bisa saja dianggap sebagai salah satu indikasi dari penyakit tertentu. Untuk melakukan pertolongan pertama pada mimisan, maka Anda bisa mendudukan penderita dan kemudian menundukkan hidungnya lebih tinggi dari jantung. Setelah itu, bernapaslah dengan menggunakan mulut terlebih dahulu dan setelah itu tekanlah cuping telinga Anda selama 5-10 menit. Selain itu juga Anda bisa menggunakan daun sirih.

Cara menggunakan daun sirih sebagai obat alami mimisan adalah ambillah 1 lembar daun sirih, kemudian di cuci sampai bersih dan bentuklah seperti corong dan kemudian masukkanlah ke dalam hidung anak untuk membantu menyumbat darah yang keluar akibat dari terjadinya mimisan. Manfaat dari daun sirih adalah karena kandungan astringent yang bisa membantu untuk mengecilkan pembuluh darah.

Cara mencegah mimisan kambuh, Anda juga bisa melakukan teknik pengobatan alternatif seperti akupuntur yang akan membantu membuat kapiler dihidung menjadi lebih kuat. Pengobatan akupuntur ini dilakukan seminggu 2 kali dan dilakukan 6-10 kali. Teknik akupuntur sendiri akan memberikan hasil terapi yang baik untuk kasus mimisan pada anak.

Mimisan memang bukanlah suatu hal yang berbahaya, namun orangtua tetap harus berhati-hati mengenai frekuensi mimisan yang terjadi pada anak. Karena ditakutkan anak menderita masalah seperti ITP (Idiopatic Thrombocytopenic Purpura), demam berdarah, penyakit leuekmia, talasemia yang berat, penyakit hemofilia, dan juga jenis penyakit tumor pada hidung.

Salah satu penyebab mimisan yang terjadi adalah akibat dari konsumsi vitamin C di dalam tubuh kita yang membuat sistem kekebalan tubuh menjadi menurun dan berkurang. Hal ini merupakan salah satu hal yang rasional jika Anda kurang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Selain itu, mimisan merupakan salah satu dampak dari gejala penyakit darah seperti kurangnya trombosit, kurangnya faktor pembekuan, penyakit leukemia dan lainnya. Maka kita harus mewaspadai hal ini jika gejala-gejala mimisan yang terjadi adalah dengan wajah pucat atau juga adanya biru-biru pada kulit. Menurut beberapa ahli, bahwa pada suai dewasa  maka pada beberapa orang masih mengalami mimisan dan jangan pernah menyepelekan hal ini.

Gejala-Gejala Mimisan


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sering Mimisan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Mimisan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>