Gejala-Gejala Mimisan

Mimisan adalah perdarahan yang terjadi di hidung. Jika tidak disebabkan oleh penyakit lain, mimisan yang istilah kedokterannya disebut epistaksis, adalah karena adanya kelainan pembuluh darah di hidung. Biasanya, mimisan terjadi akibat pecahnya pembuluh darah di daerah hidung bagian tengah, yang disebut dengan pleksus kieselbach. Pembuluh darah ini merupakan anyaman jaringan pembuluh darah yang sangat halus dan tipis. Akibat pecahnya pembuluh darah sinus, keluarlah darah dari lubang hidung. Darah bisa keluar dari lubang hidung sebelah kanan ataupun dari sebelah kiri, atau bisa juga lubang hidung kanan dan kiri.

Pecahnya pembuluh darah bisa saja diakibatkan oleh :

a. Benturan atau pukulan yang relatif keras sehingga pembuluh darah pecah

b. Ada infeksi dalam rongga hidung

c. Suhu badan yang tinggi karena demam

d. Suhu udara yang dingin sehingga mengakibatkan pembuluh darah balik pada sinus menggelembung dan pecah, sehingga di waktu pagi dan di daerah beriklim dingin.

Warna darah dapat pula mengindikasikan pembuluh darah apa yang pecah. Misalnya, jika darah yang keluar berwarna merah muda, berarti yang pecah adalah pembuluh darah nadi. Perdarahan biasanya sulit berhenti. Apabila warna darahnya merah tua, itu berarti yang pecah adalah pembuluh darah balik. Darah yang keluar biasanya cepat mudah berhenti.

Mimisan perlu mendapat perhatian yang sangat besar karena :

- Darah bisa keluar dengan jumlah yang sangat banyak dan terkesan tidak sakit

- Mimisan akan sangat mungkin terjadi lagi berulang kali karena pembuluh darah yang pecah mungkin pecah lagi

- Mimisan menyebabkan tubuh kita melemah dan sangat mungkin tubuh akan kehilangan daya tahan

- Mimisan dapat membuat beragam penyakit menyerang organ tubuh tanpa ada pertahanan

- Mimisan yang terlalu sering terjadi bisa mengakibatkan kekurangan darah, pusing tidak kunjung sembuh, bodoh, mudah terserang penyakit, dan sebagainya.

Mimisan biasanya didahului oleh gejala-gejala seperti berikut ini :

- Jantung berdenyut cepat dan kuat

- Hidung mampet

- Kepala pusing, dan sebagainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>