Hidung Mimisan

Mimisan bukan suatu penyakit, tetapi hidung mimisan dapat menjadi indikasi gejala timbulnya suatu penyakit. Mimisan disebut juga dengan epistaxis, mimisan adalah pendarahan yang keluar dari rongga hidung. Mimisan diakibatkan oleh faktor lokal dan sistemik. Faktor lokal adalah anomaly vascular, infeksi, trauma, luka iatrogenic, neoplasma, dan timbulnya unsur desikasi dalam tubuh.

Hidung Mimisan

Hidung Mimisan

PENYEBAB MIMISAN

Penyebab mimisan yang berasal dari rongga hidung adalah :

  1. Cedera pada hidung karena jatuh, terpukull, terdapat benda asing dalam hidung atau mengorek hidung
  2. Pilek, alergi.
  3. Membuang ingus terlalu keras
  4. mencium bahan kima atau gas
  5. Terlalu sering bersin
  6. Udara yang terlalu dingin dan kering
  7. Mengalami perubahan tekanan atmosfer yang mendadak. Misalnya penerbangan atau penyelaman.
  8. Adanya penyakit tumor di hidung.

Penyebab hidung mimisan yang berasal dari faktor sistemik antara lain :

  1. Penyakit jantung
  2. Kelainan pembuluh darah
  3. Hipertensi
  4. Gangguan pembekuan darah
  5. Leukemia
  6. Turunnya rombosit
  7. Demam yang terlalu tinggi
  8. Demam berdarah
  9. Gangguan hormonal
  10. Merokok
  11. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol
  12. Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan seperti acetosal, ibuprofen, dan obat pengencer darah.

CARA MENGATASI HIDUNG MIMISAN

Cara mengatasi hidung mimisan adalah :

  1. Jika mengalami mimisan jangan tidur terlentang karen aliran darah ke hidung akan bertambah deras dan darah dapat tertelan
  2. Duduk sedikit membungkuk dan kepala sedikit maju ke depan dan bernafas melalui mulut.
  3. Tekan bagian depan cuping hidung kurang lebih 5 menit
  4. Kompres dengan air fingin pada tulang hidung
  5. Gunakan daun sirih dengan menggulungnya dan memasukkan ke hidung menyumbat darah mimisan yang keluar
  6. Jika masih belum berhenti bawa ke dokter.

Jika pertolongan pertama yang dilakukan tidak menghentikan pendarahan yang terjadi  ada baiknya langsung pergi ke dokter. Jika mimisan terjadi karena adanya benda asing dalam hidung misalnya kelereng, batu, koin, biji-bijian seperti jagung atau kedelai. Jika pada mimisan, pendarahan yang terjadi juga sangat hebat. Jika mimisan terjadi setelah meminum obat-obatan tertentu. Jika terjadi setelah jatuh. Dibawah ini merupakan cara pencegahan untuk terjadinya mimisan adalah :

  1. Jangan suka mengupil, terutama bila kuku panjang dan tajam
  2. Jangan suka meletakkan benda-benda kecil di dalam hidung.
  3. Selalu menjaga agar kuku tetap dipotong pendek dan bersih.

CARA ALAMI MENGATASI MIMISAN

Cara alami untuk mengatasi hidung mimisan adalah merebus akar alang-alang sebanyak satu genggam (30 gr). Setelah mendidih, dinginkan air rebusan kemudian tuang dalam gelas lalu minum.

Jika Anda mengalami hidung mimisan, maka cobalah untuk mengompres bagian pangkal atau bagian tulang hidung menggunakan air dingin. Air dingin bermanfaat unutk membuat aliran darah menjadi terhambat ke arah hidung, duduklah dengan posisi tegak, dan kemudian bernapaslah lewat mulut. Posisi Anda harus duduk untuk membuat hidung lebih tinggi dibandingkan posisi jantung. Sebaiknya saat Anda sedang mengalami mimisan dan kemudian darah keluar dari dalam mulut. Penyebab mimisan disebabkan karena rongga hidung dan juga rongga tenggorokan saling berdekatan jaraknya jadi tidak usah heran jika ada darah yang masuk ke dalam tenggorokan dan kemudian tertelan seolah-olah Anda seperti muntah darah. Cara mengobati mimisan ini adalah dengan menggunakan daun sirih. Caranya adalah ambillah daun sirih selembar, kemudian dicuci sampai bersih, dan bentuklah seperti membentuk corong, kemudian sumbat hidung Anda menggunakan daun sirih tadi dengan posisi wajah Anda agak sedikit menengadah. Biarkanlah selama beberapa saat. Manfaat dari daun sirih yang dihasilkan adalah untuk membuat pembekuan darah menjadi lebih cepat.

Mengapa daun sirih? Karena daun sirih sudah dipercaya sejak lama digunakan sebagai obat tradisional alami dalam membantu menghentikan terjadinya pendarahan. Selain itu, daun sirih juga berfungsi untuk bisa menciutkan pembuluh darah yang besar. Namun, jika dilihat dari segi sterilitasnya, daun serih kurang terjaga. Anda harus memperhatikan terlebih dahulu kebersihan dari daun sirih hingga daun sirih benar-benar bersih. Namun cara yang paling amand alam melakukan pertolongan pertama pada mimisan adalah dengan menjepit hidung menggunakan ibu jari dan juga telunjuk selama kurang lebih 5 menit. Hal ini merupakan suatu hal yang lebih efektif. Lakukanlah cara ini 3 kali jika darah masih tetap berulang. Namun jika mimisan tidak berhenti, maka lakukanlah pemeriksaan ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat unutk menghentikan teerjadinya pendarahan.

Beberapa dari penyebab mimisan bisa mengakibatkan mimisan adalah :

  1. Benturan
  2. Mengorek-ngorek hidung
  3. Membuang ingus dengan keras yang membuat dinding hidung menjadi terluka

Atau jiak Anada merasakan bau pada hidung kemudian terjadi pendarahan, hal ini bisa diakibatkan karena benda asing yang masuk ke dalam hidung.

Hidung Mimisan


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sering Mimisan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Mimisan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>