Penyebab Mimisan

Penyebab Mimisan  - Mimisan adalah perdarahan dari hidung yang dapat terjadi akibat sebab lokal yaitu dari hidung atau sebab umum yaitu kelainan sistemik misalnya kelainan pembuluh darah.

Jika si kecil sering mimisan, ada kemungkinan dia berbakat mimisan. Selain pembuluh darah hidunya sangat banyak, permukaan lendirnya pun sangat tipis sehingga mudah pecah dan terjadi mimisan. Salah satu pertanda alergi adalah mimisan. Mimisan terjadi karena terputusnya pembuluh darah di dekat lapisan hidung yang teriritasi. Biasanya, mimisan dialami oleh penderita alergi rhinitis musiman.

Penyebab Mimisan

Penyebab Mimisan

PENYEBAB MIMISAN

Penyebab mimisan antara lain:

  1. Trauma seperti terbentur jatuh, membuaang ingus terlalu keras, mengorek hidung terlalu kasa dll
  2. Polusi seperti asap rokok/knalpot bersifat iriatif (merusak) sehingga dapat membuat lecet dan merobek permukaan selaput lendir yang tipis
  3. Obat-obatan tertentu dapat memicu terjadinya mimisan. Misalnya obat steroid yang berfungsi melegakkan hidung yang mampat
  4. Udara dingin, termasuk penyetelan penyejuk udara yang terlalu dingin

Dibawah ini beberapa faktor penyebab mimisan adalah :

  1. Alergi
    Pada beberapa kasus mimisan, hal ini merupakan salah satu bentuk dari reaksi alergi pada sesuatu misalnya adalah pada makanan atau juga disebabkan karena penyakit alergi yang lain. Disinlah kemudian pembuluh darah kapiler menjadi terbuka dan pada akhirnya menyemprotkan sedikit darah ke dalam tubuh dan akhirnya mengalir melalui hidung.
  2. Perubahan cuaca yang terjadi dengan esktrim
    Penyebab mimisan lainnya adalah karena mereka yang tidak kuat dengan terjadinya perubahan cuaca ekstim. Umumnya disekitar hidung bagian dalam akan menjadi sangat kering dan pada akhirnya akan mengalami iritasi sehingga akan menimbulkan masalah mimisan pada hidung.
  3. Saat sedang sakit flu
    Disaat penyakit flu menyerang, biasanya orang akan membuang ingus dari hidung dengan cara yang keras. Namun kadang saat sedang membuang ingus dengan lebih sering, hal ini malah akan membuat kondisi di dalam hidung menjadi terluka dan pada akhirnya memicu terjadinya mimisan.
  4. Penyakit sinusitis
    Penyakit sinusitis bisa membuat penderitnya mengalami mimisan. Dan jika darah yang keluar dari dalam hidung adalah warna hitam pekat serta aroma yang keluar kurang sedap, maka sebaiknya berikanlah pertolongan pertama untuk bisa dibawa ke dokter. Masalah seperti ini merupakan suatu indikasi dari terjadinya infeksi atau akibat penyakit tumor.
  5. Tekanan darah tinggi
    Penyebab mimisan lainnya adalah karena terjadinya tekanan darah tinggi yang naik yang biasanya banyak dialami oleh ibu-ibu hamil. Keadaan yang seperti ini sebaiknya dilakukan pemeriksaan dengan dokter sehingga tidak akan mengganggu aktivitas harian Anda dan tidak menimbulkan suatu kecemasan yang berelbihan. Selain itu juga mimisan akibat dari tekanan darah yang mengalami peningkatan juga bisa saja dialami oleh pria dan wanita tidak hami. Dan lebih umum menyerang pada penderita tekanan darah tinggi atau penyakit hipertensi.
  6. Indikasi kesehatan tertentu
    Ada beberapa jenis kondisi sakit yang biasanya menimbulkan gejala reaksi seperti munculnya mimisan. Misalnya adalah pada penderita penyakit leukemia. Dan umumnya, saat ini sudah banyak obat yang bisa membantu mengatasi mimisan pada pasien leukemia. Jika mimisan disertai dengan muntah darah maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter.

Namun, tidak semua dari jenis mimisan bisa merupakan salah satu hal yang berbahaya dan bukan merupakan salah satu indikasi dari penyakit parah. Untuk mengetahui penyebab mimisan secara pasti, maka Anda bisa melakukan konsultasi langsung ke dokter sehingga Anda dapat mengetahui penyebab mimisan yang lebih pasti.

CARA MENGOBATI MIMISAN

Cara mengobati mimisan pada anak adalah :

  1. Buatlah anak tetap dalam keadaan tenang, karena kondisi panik akan membuat kondisi darah yang keluar darin hidung bisa menjadi semakin parah.
  2. Angkatlah kepala lebih tinggi dari posisi jantung. Anda bisa duduk dengan posisi terbaik.
  3. Bersihkanlah hidung dari darah. Jika anak mengalami hal ini namun umurnya sudah besar, maka Anda bisa menyuruhnya untuk membersihkan darah tadi sendiri.
  4. Jepitkanlah tangan da kebagian bawah hidung anak sampai anak merasa nyaman dan selanjutnya tekanlah ke permukaan kulit hidung dengan menggunakan jari sampai menyentuh ke bagian kulit wajah.
  5. Tahanlah posisi seperti ini selama kurang lebih 5 menit, jika sudah sampai pada periode ini namun darah masih keluar, maka lakukanlah cara ini secara berulang.

Cara mengatasi mimisan hidung berdarah adalah dengan menggunakan daun binahong. Caranya adalah ambillah 4 lembar daun binahong, kemudian rebuslah dengan menggunakan air secukupnya. Air rebusan daun binahong tadi digunakan untuk diminum setiap harinya.

Cara mencegah mimisan:

  1. Hindari mengorek hidung
  2. Hindari membuang ingus dengan keras
  3. Jangan merokok dan hindari mencium bahan kimia seperti bensin.

Penyebab Mimisan


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sering Mimisan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Mimisan and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>